November 14, 2017

Sekilas Tentang Lebah Madu dan Peluang Usahanya

Semua orang sudah tidak asing lagi dengan madu selain rasanya yang manis tentu banyak orang mengenalnya karena khasiat yang sungguh luar biasa. Madu merupakan salah satu dari beberapa produk yang dihasilkan oleh lebah. Sebagaian besar masyarakat awam tidak mengerti bahwa ada banyak jenis lebah yang menghasilkan madu. Beberapa jenis lebah penghasil madu diantaranya adalah jenis lebah hutan (Apis dorsata), lebah lokal (Apis cerana), dan lebah unggul (Apis mellifera).

Tahukah anda dalam satu kelompok lebah terbagi dalam tiga kasta. Pertama lebah ratu yang jadi petelur. Kedua, Lebah pekerja jenis betina yang tidak bertelur. Dan ketiga, lebah jantan. Lebah ratu paling sibuk karena bisa mengerami 1000 sampai 1500 telur perhari. Masih ada yang harus bekerja keras, yaitu lebah pekerja karena lebah pekerja harus mengunjungi antara 50 – 100 bunga dalam sekali terbang dari sarangnya. Untuk mengasilkan 453 gr madu, seekor lebah harus mengunjungi 2 juta bunga. Sebuah koloni lebah busa menghasikan 27 – 45 Kg  madu setiap tahunnya. Kebayang gak bagaimana sibuknya mereka untuk menghasilkan madu yang kita konsumsi selama ini?

Saat ini banyak orang dari berbagai kalangan mencari usaha sampingan untuk menambah pemasukkan. Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan adalah dengan beternak lebah madu. kenapa lebah madu? susah tidak ya? Modalnya pasti besar, bagaimana caranya? Belajarnya kepada siapa? Dan seterusnya akan banyak tanda tanya dibenak kita. Daripada terus bertanya dan bertanya, simak terus perkembangan website Rumah Madu Kang Aam ini, karena disini kami akan berbagi segala hal mengenai lebah madu, produk-produknya dan berbagai peluang usaha yang dapat dijadikan sebagai alternatif penghasilan tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *